Sebagai pemilik kendaraan roda empat, mengetahui istilah dalam dunia otomotif merupakan hal wajib diketahui. Dengan mengetahuinya akan memudahkan dalam perawatan dan mengendarai kendaraan tersebut.

Terkadang pemilik mobil merasa bahwa hal ini merupakan hal sepele yang tidak terlalu penting, padahal dengan mengetahui istilah ini bisa banyak membantu. Terutama ketika ada permasalahan pada mobil Anda, maka dari itu pahami dengan baik berbagai istilahnya.

Berbagai Istilah dalam Dunia Otomotif

Ada banyak sekali istilah dalam dunia mobil atau lebih tepatnya otomotif mobil. Hal ini menjadi langkah penting bagi pemilik kendaraan yang ingin merawat agar kendaraannya lebih awet dan tidak mudah rusak. Berikut berbagai istilah-istilahnya:

  • Horespower

    Istilah dalam dunia otomotif pertama adalah horespower, sebagai pemilik kendaraan sudah seharusnya mengenal istilah ini. Horespower atau satuan tenaga kuda merupakan sebuah satuan pengukuran umum dalam mengukur kemampuan atau daya mesin kendaraan.

    Dengan bantuan dari dari alat tersebut, maka bisa mengetahui seberapa besar daya yang ada. Misalnya pada 1 horespower itu maka setara dengan sekitar 75kg force meter. Artinya semakin tinggi nilai HP nya maka semakin tinggi juga laju kecepatannya.

  • Turun Mesin

    Sebagai orang yang sudah lama berada dalam dunia otomotif, pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah turun mesin. Istilah ini merupakan istilah paling umum dan banyak digunakan oleh berbagai kalangan dalam mendeskripsikan sesuatu.

    Istilah ini maksudnya adalah menjelaskan bahwa adanya kebutuhan proses perbaikan atau service mesin. Namun yang membedakannya, biasanya untuk perbaikan ini dilakukan sampai harus membongkar semua bagian mesinnya.

  • Nomor Rangka Kendaraan

    Selanjutnya istilah dalam dunia otomotif adalah nomor rangka kendaraan. Ini juga merupakan istilah lainnya yang biasa didengar oleh pemilik kendaraan. Karena setiap mobil ataupun motor pastinya memiliki nomor rangka kendaraan mesin.

    Nomor yang dimaksud adalah sebuah nomor berupa 17 karakter yang didalamnya berisi angka dan huruf. Umumnya nomor ini akan berupa sebuah bukti dari produksi masing-masing mobil atau motor.

  • Penyaring Udara

    Istilah lanjutannya adalah penyaring udara, sebagai pemilik roda empat juga pastinya sudah sering mendengar istilah umum ini. Penyaring udara ataupun filter ini merupakan istilah yang mengacu pada bagian penjaga keamanan.

    Umumnya penyaring udara ini seperti namanya, yakni berfungsi untuk menyaring udara agar tidak ada kotoran yang memasuki bagian mesin kendaraan. Maka dari itu alat ini memiliki peranan yang sangat penting untuk roda empat maupun roda dua agar lebih awet dan tidak mudah rusak.

  • Rem

    Istilah dalam dunia otomotif lanjutan yang sudah sangat sering Anda dengar adalah rem. Istilah ini paling sering dan umum digunakan oleh berbagai pengendara untuk memperlambat atau memberhentikan kendaraan. Dengan adanya rem, maka para pengendara tidak perlu khawatir apabila perlu melakukan pemberhentian secara tiba-tiba.

    Karena dalam lalu lintas tidak ada yang bisa memprediksinya, maka penggunaan rem sangat penting. Untuk menghentikan laju agar menghindari kecelakaan merupakan fungsi dari rem. Selain itu rem juga sebaiknya harus dilakukan pergantian setiap jarak tempuh mencapai 80ribu KM. Agar lebih optimal maka pergantian mesin pada rem juga wajib menjadi pertimbangan.

  • Overheat

    Istilah dalam dunia otomotif selanjutnya adalah overheat. Ini merupakan istilah lainnya yang umum dalam dunia otomotif, sebagian pengendara pastinya sudah tidak asing dengan istilah ini. Namun belum tentu bisa menjelaskan istilahnya dengan benar.

    Istilah dari overheat merupakan istilah yang menunjukkan bahwa kondisi mesin mengalami terlalu panas. Umumnya terjadi mesin yang terlalu panas ini terjadi karena digunakan untuk jarak tempuh yang cukup lama.

    Karena jarak tempuhnya yang ukup lama tersebut sehingga menyebabkan terjadinya kerusakan pada bagian coolant. Karena adanya kerusakan tersebut sehingga menyebabkan mesin terlalu panas, maka dari itu solusinya adalah dengan mendinginkan kembali mesin sebelum menyalakannya kembali.

  • ABS

    Istilah dalam dunia otomotif selanjutnya adalah ABS (Anti-Lock Braking System). Ini merupakan sebuah istilah yang jarang diketahui oleh pengendara mobil. Padahal istilah ini juga merupakan bagian mobil dan sangat penting agar mobil bisa melaju dengan aman. Istilah ABS merupakan sebuah sistem pengereman yang bertugas untuk mencegah roda terkunci.

    Tentunya ini dilakukan untuk menjamin keselamatan apabila membutuhkan pemberhentian secara mendadak. Dengan adanya bantuan dari ABS maka bisa membantu mengendalikan kendaraan meskipun sedang mengalami pengereman yang keras atau kuat. Dengan begitu maka bisa mengurangi risiko tergelincir maupun kehilangan kendali.

Sebenarnya masih ada banyak sekali istilah dalam dunia otomotif lainnya yang perlu Anda ketahui. Setidaknya dengan mengetahui informasi ini bisa menjadi pengetahuan tambahan dan bisa memudahkan apabila terjadinya kerusakan tertentu.

Biasanya hal yang sering terjadi adalah karena kurangnya pemahaman dan pengetahuan dalam bidang tersebut, sehingga menjadikan pemilik roda empat jadi malas untuk mencari tau sendiri. Padahal dengan mengetahui berbagai istilahnya akan semakin mengenal kendaraan dan memudahan dalam perawatan.

Berdasarkan uraian panjang tadi, tentunya Anda sudah semakin yakin dan memiliki pandangan mengenai pentingnya mengenal istilah ini. Terlebih bagi yang baru memiliki roda empat, akan jauh lebih baik jika mengetahui seluruh istilah dalam dunia otomotif itu sendiri.

Related Post