Simak Faktor Penyebab Kesenjangan Ekonomi Indonesia Berikut

Kesenjangan ekonomi Indonesia, merupakan salah satu masalah yang hingga kini masih mendapatkan perhatian khusus dari sejumlah pihak, khususnya pemerintah. Permasalahan ini, biasanya terjadi karena kondisi ketidakseimbangan perekonomian antar masyarakat.

Umumnya, ada banyak sekali faktor-faktor yang menjadi penyebab permasalahan kesenjangan ekonomi terjadi di suatu negara. Pada pembahasan berikut, kami akan bahas mengenai sejumlah faktor penyebab dari permasalahan di Indonesia tersebut.

Faktor-faktor Penyebab Terjadinya Masalah Kesenjangan Ekonomi Indonesia

Faktor-faktor Penyebab Terjadinya Masalah Kesenjangan Ekonomi Indonesia

Kesenjangan / ketimpangan ekonomi dikenal sebagai kondisi ketidakseimbangan yang terjadi di masyarakat karena dipengaruhi aspek perekonomian. Aspek satu ini, biasanya bisa dengan mudah seseorang lihat dari kondisi ketidakseimbangan pendapatan masyarakat.

Ketika permasalahan tersebut tidak segera diatasi, maka akan menimbulkan dampak berupa kriminalitas yang tinggi, ketidakadilan sosial dan lain-lain. Adanya kesenjangan ekonomi Indonesia ini, biasanya disebabkan oleh beberapa faktor sebagai berikut.

1. Adanya Pengaruh Globalisasi

Seperti diketahui, bahwa globalisasi umumnya memberikan pengaruh cukup signifikan dalam memajukan ekonomi di suatu negara. Akan tetapi, siapa yang menyangka jika adanya globalisasi juga dapat menjadi pemicu terjadinya ketimpangan ekonomi.

Dalam hal ini dikatakan, bahwa globalisasi tersebut diklaim dapat menimbulkan adanya masalah kesenjangan, baik itu sosial maupun ekonomi. Masalah tersebut, biasanya terjadi ketika sebagian masyarakat tidak dapat beradaptasi dengan globalisasi.

Akibatnya, kondisi tersebut akan menyebabkan sebagian masyarakat menjadi semakin tertinggal dengan yang lain. Bukan hanya itu saja, sebagian masyarakat juga akan merasa kesulitan dalam memperoleh apa yang orang lain dapatkan.

2. Kondisi Demografis yang Berbeda-beda

Pada dasarnya, kondisi penduduk di satu daerah dengan lainnya terbilang memiliki perbedaan cukup signifikan. Hal ini bisa dilihat dari segi jumlah, komposisi sampai dengan persebaran yang terjadi di dalamnya.

Ketika menemukan kondisi penduduk yang terbilang semakin beraneka ragam, tentunya ini akan menimbulkan masalah kian kompleks di dalamnya. Tentu saja, ini menjadi pemicu lain dari adanya masalah kesenjangan ekonomi Indonesia.

Bahkan, terjadinya persebaran penduduk tidak merata juga akan memberikan permasalahan. Misalnya jika Pulau Jawa menawarkan banyak peluang pekerjaan, akan banyak orang melamar kerja di dalamnya, sehingga menyebabkan persebaran tidak merata.

3. Tingkat Pendapatan Masyarakat Tidak Merata

Setiap daerah di Indonesia, umumnya memiliki tingkat pendapatan atau upah yang terbilang berbeda-beda. Biasanya, terjadinya hal tersebut berkaitan erat dengan adanya faktor pemenuhan kebutuhan hidup dari setiap individu di dalamnya.

Adanya perbedaan tingkat pendapatan atau upah yang diperoleh masyarakat satu ini, juga menjadi pemicu terjadinya masalah kesenjangan ekonomi Indonesia. Adapun munculnya permasalahan kesenjangan tersebut, tentunya dipengaruhi oleh adanya faktor tertentu.

Pasalnya, masyarakat di daerah perkotaan atau daerah industri, biasanya akan memiliki peluang kesempatan besar dalam memperoleh pendapatan lebih tinggi. Tentunya, ini jauh berbeda bagi masyarakat yang tinggal di daerah pedesaan.

4. Kurangnya Lapangan Kerja di Indonesia

Tidak banyak orang tahu, bahwa masalah kurangnya lapangan kerja di Indonesia juga dapat menimbulkan terjadinya ketimpangan ekonomi. Terlebih hingga sejauh ini, masih banyak ditemukan orang-orang yang mengaku kesulitan mencari pekerjaan.

Sehingga, hal ini nantinya dapat menyebabkan terjadinya jumlah pengangguran di Indonesia semakin hari kian meningkat. Tingginya angka pengangguran yang terjadi di suatu negara sendiri, biasanya disebabkan karena beberapa faktor tertentu.

Yakni mulai dari rendahnya kualitas sumber daya manusia (SDM), jumlah lapangan kerja cukup sempit dan lain-lain. Apabila pengangguran ini tidak segera diatasi, dikhawatirkan akan dapat meningkatkan masalah kriminalitas di Indonesia.

5. Masalah Pembangunan Tidak Merata

Perlu Anda ketahui, bahwa penyebab lain dari terjadinya kesenjangan ekonomi Indonesia juga disebabkan karena pembangunan tidak merata. Adapun salah satu contoh bentuk pembangunan tidak merata ini yakni dari pembuatan infrastruktur.

Jika negara mampu membangun infrastruktur dengan baik, maka akan lebih mudah tercapai pembangunan ekonomi merata. Sehingga, hal inilah yang nantinya akan dapat mengatasi terjadinya permasalahan ketimpangan ekonomi di suatu negara.

Selain itu, adanya pembangunan infrastruktur merata juga diklaim dapat memberikan sejumlah manfaat signifikan bagi suatu negara. Yakni dapat menjadikan kegiatan ekonomi di dalamnya mampu berjalan dengan lebih efektif dan efisien.

6. Permasalahan Pendidikan

Timbulnya kesenjangan ekonomi Indonesia, juga dapat disebabkan karena masalah pendidikan yang terjadi di kalangan masyarakat. Dimana, sejauh ini masih banyak ditemukan pendidikan yang tidak bisa diperoleh semua orang dengan layak.

Alasan kenapa pendidikan mempengaruhi ketimpangan ekonomi, yaitu karena hal ini dapat meningkatkan status dan mobilitas sosial. Terlebih lagi, kemajuan suatu negara juga dipengaruhi oleh kualitas sumber daya manusia yang dimiliki.

Ketika pendidikan di suatu negara tidak dapat berjalan dengan optimal, maka akan sangat berpengaruh pada kualitas sumber daya manusianya. Sehingga, inilah yang secara tidak langsung dapat menyebabkan terjadinya ketimpangan ekonomi.

Melihat banyaknya faktor penyebab ketimpangan ekonomi di Indonesia ini, mau tidak mau harus segera diatasi oleh pemerintah. Ketika kesenjangan ekonomi Indonesia dapat teratasi, maka kehidupan bangsa akan berjalan dengan baik.